Read more: http://ageboy.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-warna-background-bergerak.html#ixzz1guGIA5fy

Senin, 29 November 2010

MANAJEMEN SEBAGAI INFORMASI DALAM ORGANISASI BERBASIS KOMPUTER


MANAJEMEN SEBAGAI INFORMASI DALAM ORGANISASI BERBASIS KOMPUTER



·         PENDAHULUAN
Blog ini akan mengulas sedikit seputar manajemen sebagai informasi dalam organisasi berbasis komputer.
-Bahan
-Energi , dan
-Informasi
adalah tiga sumber daya utama pembangunan sosial modern. Pesatnya perkembangan teknologi informasi untuk menyoroti semakin pentingnya sumber informasi. Dengan pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial, pentingnya sumber daya informasi yang akan lebih menonjol.  Jauh sebelum adanya teknologi komputer, sistem informasi manajemen (SIM) telah digunakan oleh para pimpinan organisasi atau perusahaan, termasuk manajer dalam upaya pengambilan keputusan.
Namun demikian, proses pengambilan keputusan yang dilakukan saat itu masih sangat sederhana. Segala sesuatunya masih berjalan secara manual, masih lamban, karena semua data masih tersimpan dalam lembaran-lembaran arsip yang bermacam ragam.
Dengan hadirnya teknologi komputer seperti sekarang ini, telah mengubah segalanya. Dengan kondisi demikian, tentu saja Sistem Informasi Manajemen (SIM) hanya tinggal mempersiapkan substansinya saja, sedangkan wadah atau kerangkanya dapat dipersiapkan melalui teknologi komputer. Namun demikian, hadirnya  teknologi komputer telah merubah persepsi orang kebanyakan. Apabila berbicara tentang Sistem Informasi Manajemen, maka yang diingat adalah komputer dengan sebuah system yang saling tersambung dengan berbagai jaringan dalam komputer tersebut. Persepsi seperti ini tentu saja tidaklah semuanya benar, karena teknologi komputer hanyalah sebuah wadah atau fasilitas, yang kehadirannya mempermudah proses dalam Sistem Informasi Manajemen, sedangkan prinsip kerja dan basis dari SIM itu sendiri adalah ilmu manajemen, karena memang SIM itu lahir dari manajemen. Artinya, tanpa adanya manajemen maka SIM itu sendiri sesungguhnya tidak ada. Adapun komputer, kehadirannya seperti proses reaksi kimia bagi katalisator, katalisator dapat mempercepat proses reaksi kimiawi, tetapi dia sendiri bukanlah zat kimianya.
Dan bahwa hadirnya teknologi komputer telah memberikan kontribusi yang sangat positif dalam sistem informasi manjemen. Bagi manajer, kehadiran komputer dalam SIM bukan saja memberikan kontribusi positif, lebih jauh dari itu, proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan murah.
·         TINJAUAN PUSTAKA
“ Menurut Atmosudirdjo (1986:158), secara umum pengertian manajemen adalah pengendalian dan pemanfaatan daripada semua faktor dan sumberdaya yang menurut suatu perencanaan (planning), diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu prapta (objective) atau tujuan-tujuan tertentu. “
“Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.”

Beberapa ahli di Cina IRM juga melakukan tindak lanjut studi, berikut adalah beberapa cendekiawan, "Apa itu manajemen sumber daya informasi" Jawaban:
Profesor Ma Feicheng bahwa: Manajemen Sumber Daya Informasi (Information Resources Management, IRM) adalah abad ke-20, 70, 80an awal di negara-negara maju Barat (pertama di Amerika Serikat), peningkatan disiplin baru. Meskipun para peneliti dari berbagai bidang manajemen informasi sumber daya memiliki pemahaman dan interpretasi yang berbeda, tetapi inti dari semua informasi sebagai sumber penting, yang perencanaan, anggaran, organisasi, koordinasi, pengendalian dan pengembangan, dalam rangka mencapai paling efektif.
Profesor Gao Fuxian bahwa: informasi manajemen sumber daya perusahaan, adalah dalam produksi dan kegiatan usaha generasi informasi, akuisisi, pengolahan, penyimpanan, transmisi dan penggunaan manajemen yang komprehensif. Informasi proses dan proses manajemen erat kaitannya, sehingga manajemen sumber daya informasi perusahaan telah menjadi bagian penting dari manajemen bisnis.
Memilih bahwa: pada tingkat kelembagaan, tingkat mikro, informasi kegiatan pengelolaan sumber daya di Manajer Informasi (CIO) di bawah koordinasi pelaksanaan manajemen terpadu yang sangat terpusat, kegiatan ini tidak hanya mencakup perpustakaan biasa dan operasi pusat informasi, tapi juga mencakup tubuh pekerjaan arsip, pekerjaan administratif, komputer sistem informasi manajemen, periklanan perencanaan, hubungan masyarakat, penelitian dan pengembangan dan kebijakan-konsultasi Deng; Weiguancengmian pengelolaan informasi terutama di sekitar analisis kebutuhan pengguna Jigou, sumber informasi, Cai Ji, organisasi, penyimpanan, pencarian, pengembangan, penggunaan dan proses reproduksi, fokus dan menggunakan beberapa manusia, keuangan dan sumber daya material, melalui perencanaan, pengelolaan, koordinasi dan kegiatan pengendalian dilaksanakan.

·         PEMBAHASAN
Informasi sumber daya manajemen dalam peran integrasi sistem informasi.
IRM dalam peran integrasi sistem informasi manajemen sumber daya informasi melalui realisasi standar dasar. Yang disebut "informasi standar pengelolaan sumber daya infrastruktur" adalah mereka yang menentukan kualitas sistem informasi, dan karena itu yang paling dasar standar manajemen informasi sumber daya, termasuk standar untuk unsur data, klasifikasi informasi dan standar coding, tampilan user biasa, konsep standar database dan logis database standar.
Unsur Data (DataElements) adalah satuan terkecil dari informasi tidak dapat dibagi, adalah istilah umum untuk kelas data. Dalam sistem pengolahan data, "karyawan" nama, "karyawan" nama, "staf nama", dll, jika tidak bersatu, dalam identitas mereka ketika menggunakan Hanyu Pinyin, ada ZGXM, YGXM, ZYXM dll, sedangkan Inggris pada label mungkin EMP-NAMA, E-NAMA, NAMA-OF-EMPLOYEE, EMP-NAMA, EMPLOYEE-NM, EMP-NM, dll. Kualitas unsur data untuk membangun dasar yang kokoh bagi struktur data penting. elemen data dalam penciptaan dan penamaan pertimbangan secara keseluruhan untuk melakukan, belajar sifat unsur kimia (semua materi didasari oleh lebih dari 100 jenis unsur kimia), perusahaan dapat mengambil dalam jumlah terbatas dari "core" unsur data, yang mengharuskan pembentukan elemen data nama standar elemen data standar, label standar dan standar sesuai.
Klasifikasi Informasi dan Coding (Informasi Classifyingand Coding) adalah bidang standar, telah berkembang menjadi disiplin, memiliki objek studi sendiri, isi dan metode penelitian. Dalam masyarakat industri, informasi klasifikasi dan pengkodean adalah untuk meningkatkan tingkat produktivitas tenaga kerja serta metode penting dari manajemen ilmiah. " Di era informasi, lebih dan lebih penting standarisasi informasi, tidak ada standar tidak ada informasi, klasifikasi informasi dan standar pengkodean dan informasi standar standar yang paling dasar. Informasi klasifikasi didasarkan pada isi informasi dari atribut atau karakteristik dari informasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu dan metode untuk membedakan dan mengklasifikasikan, dan membuat urutan tertentu dari sistem klasifikasi dan untuk mengelola dan menggunakan informasi. Informasi coding adalah dasar dari klasifikasi informasi, informasi objek (object code) memberikan suatu keteraturan tertentu, identifikasi komputer mudah dan pengolahan dan simbol. standar nasional sesuai dengan standar internasional harus urutan standar industri enterprise standar, pembentukan sistem informasi perusahaan-luas digunakan oleh klasifikasi informasi dan standar pengkodean.
Pengguna View (User Lihat) adalah kumpulan dari beberapa elemen data, itu mencerminkan pandangan pengguna akhir entitas data. Pengguna melihat data dalam sistem eksternal (bukan internal) penampilan, adalah sistem atau media input output atau cara pandang pengguna umum digunakan (kertas itu dokumen, laporan, dll) dan elektronik (layar format, bentuk dll). Penggunaan lingkungan jaringan komputer, pengguna harus penurunan yang signifikan dalam tampilan berbasis kertas dari pandangan pengguna penggantian elektronik, ini harus membentuk pandangan pengguna bisnis standar, untuk menentukan para pemakai memandang, identitas mereka, penamaan dan komposisi.

Konsep database (ConceptualDatabase) adalah pandangan pengguna akhir penyimpanan data, yang mencerminkan informasi yang komprehensif kebutuhan pengguna. Logical Database (Logical Basis Data) adalah titik yang perancang analisis tampilan sistem, konsep database adalah lebih lanjut dibagi ke dalam database logis adalah satu set tabel dasar standar (BaseTable) komposisi.
Amerika pengelolaan data ahli William? Dreyer diringkas dasar sumber daya manajemen informasi - standarisasi data pengalaman manajemen, pada tahun 1985 diterbitkan monografi, "Data Management" (ADMINISTRASI DATA: Praktis Guideto Sukses Manajemen Data). Menunjukkan: tidak ada manajemen data yang efektif, tidak ada pengolahan data yang berhasil dan efisien, tetapi juga tidak dibangun di sistem informasi perusahaan komputer. Perkembangan awal sistem informasi komputer, kurangnya desain struktur data dan manajemen metode ilmiah, sampai 80's di yang terbaik dari masalah yang harus serius dipertimbangkan. perancang sistem informasi untuk memahami dan master data standar manajemen, sebagai arsitek untuk memahami dan menguasai bahan bangunan standar sama pentingnya, jika tidak, dirancang sederhana sistem informasi. Demikian pula, dalam proses integrasi sistem informasi, kalau bukan untuk mendirikan dan mengelola sumber daya informasi standar infrastruktur manajemen, integrasi "apa yang disebut" juga merupakan perangkat keras jaringan, integrasi dari antarmuka permukaan.
·         PENUTUP
SIM yang berbasis komputer dapat menyajikan informasi (sebagai bahan dalam pengambilan keputusan) yang mermutu, bernilai dan berkualitas, yaitu informasi yang relevan bagi perusahaan/organisasi, yang akurat dan tentu saja informasi yang tepat waktu atau tidak basi atau kadaluwarsa. Dan dengan aktivitas SIM yang berbasis komputer, para pimpinan perusahaan/manajer dapat lebih mudah, murah, efisien dan efektif dalam upaya pengambilan keputusan, termasuk di dalamnya dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen, seperti perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Jadi sumber sistem informasi sangat penting untuk mengolah suatu informasi dan sumber informasi berbasis computer sangat mendukung untuk lebih cepat mengolah informasi tersebut.

·         REFERENSI
Referensi informasi dan link terkait:
[1] "sumber daya manajemen informasi" Ma biaya ke dalam buku, Wuhan University Press, 2000
[2] "Perencanaan Sumber Daya Informasi - informasi infrastruktur teknologi" sebelum tinggi-kompleks, Tsinghua University Press, April 2002
http://www.soundnet.com/book.htm
[3] "Manajemen data - dasar konstruksi sistem informasi," kompleks tinggi pertama dikompilasi
http://www.irp.cn/aboutirp/discourse_book3content.htm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

# Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1guJH8VmZ